Top Menu

Cara Memasang Adsense di dalam Postingan Blogger

Ada beberapa keuntungan jika kita memasang Adsense di postingan Blogger, yakni bisa meningkatkan jumlah klik karena iklan berada lebih dekat dengan artikel yang dibaca pengunjung, dan isi iklan yang akan lebih relevan dengan isi posting. Tidak seperti pada WordPress, pada Blogger kita tidak bisa begitu saja memasukkan script pada bagian HTML template maupun posting. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara memasang iklan Google Adsense di dalam posting Blogger / Blogspot.

ads

Adsense

Ada satu hal yang perlu diketahui sebelum kita mencoba memasang Adsense di postingan Blogger. Seperti sudah disebutkan di atas, script iklan Adsense tidak bisa begitu saja digunakan, melainkan kita harus melakukan penguraian (parsing) agar script bisa dimasukkan ke dalam kode HTML.  Jangan khawatir, karena script itu sendiri sama sekali tidak dirubah, melainkan kita hanya merubah cara penulisan kode HTML-nya, sehingga hal ini sama sekali TIDAK melanggar TOS dari Google Adsense.

Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari tutorial cara memasang Adsense di postingan Blogger, yang disajikan secara langkah demi langkah untuk memudahkan pembaca.

Cara Memasang Adsense di Postingan Blogger / Blogspot:

1. Buat unit iklan baru di akun Google Adsense anda dan copy kode/script-nya, misal seperti ini:

<script type=”text/javascript”><!–
google_ad_client = “ca-pub-7086626370517741”;
/* iklan9 */
google_ad_slot = “1368797710”;
google_ad_width = 336;
google_ad_height = 280;
//–>
</script>
<script type=”text/javascript”
src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js”>
</script>

Maka script di atas harus diuraikan seperti di bawah, agar bisa ditampilkan pada postingan:

&lt;script type=&quot;text/javascript&quot;&gt;&lt;!–
google_ad_client = &quot;ca-pub-7086626370517741&quot;;
/* iklan9 */
google_ad_slot = &quot;1368797710&quot;;
google_ad_width = 336;
google_ad_height = 280;
//–&gt;
&lt;/script&gt;
&lt;script type=&quot;text/javascript&quot;
src=&quot;http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js&quot;&gt;
&lt;/script&gt; 
  1. Terlihat rumit? Jangan khawatir, banyak situs yang memberikan layanan gratis untuk menguraikan kode HTML, misalnya http://blogcrowds.com/resources/parse_html.php. Kita tinggal masukkan script Adsense di kolom yang tersedia, tekan tombol parse, dan kode HTML akan dirubah secara otomatis.
  2. Sekarang, masuk ke account Blogger, pilih menu Template
  3. Jangan lupa Backup dulu template, sehingga jika terjadi kesalahan bisa kita kembalikan seperti semula.
  4. Klik Edit HTML.

    ads2

    Blogspot

  5. Akan muncul peringatan, klik Proceed.
  6. Centang kotak di sebelah kiri Expand Widget Templates.
  7. Tekan Ctrl+F dan temukan kode berikut: <data:post.body/>
  8. Jika anda ingin memasang Adsense di postingan Blogger di bawah judul artikel, maka taruh kode pada langkah 1 tepat di atas bagian <data:post.body/>, sedangkan jika ingin iklan tampil di akhir postingan, pasang script Adsense tepat di bawah <data:post.body/>.
  9. Tambahkan kode:

<div style='float:left;'> jika ingin iklan muncul di sebelah kiri artikel
<div style='float:center;'> jika ingin iklan muncul di tengah
<div style='float:right;'> jika ingin iklan muncul di sebelah kanan artikel

ads3

Blogspot

     10. Jangan lupa Save Template.

Catatan untuk langkah 8:

Jika anda menggunakan fitur “read more” di blog, maka biasanya akan ada dua, bahkan tiga, tag <data:post.body/> di kode HTML blog.

  • Pasang script Adsense di atas/bawah <data:post.body/> yang PERTAMA, jika anda ingin iklan ditampilkan baik pada homepage, maupun setelah Read More di-kilk. Kelemahannya, jika homepage anda berisi lebih dari tiga postingan, Adsense tidak akan muncul di posting ke-4, 5, dst, sehingga akan timbul space kosong yang tidak sedap dipandang. Hal ini karena TOS Adsense mennsyaratkan maksimal tiga iklan saja yang dapat tampil per-halaman situs.
  • Pasang script Adsense di atas/bawah <data:post.body/> yang KEDUA, jika anda ingin iklan ditampilkan hanya setelah Read More di-klik, sehingga iklan tidak tampil pada homepage.
  • Karena ada berbagai macam template Blogger dan dibuat oleh orang-orang yang berbeda pula, ada kemungkinan susunan kode HTML berbeda-beda juga. Bisa jadi justru kedua langkah di atas malah terbalik, jadi anda harus sedikit berkesperimen dalam meletakkan script Adsense.
Jika ada langkah yang kurang jelas pada tutorial cara memasang Adsense di postingan Blogger di atas, silahkan meninggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba!

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply