Top Menu

Cara Optimasi Gambar Sebelum di-Upload ke Website

Kita semua tahu gambar merupakan bagian penting dari sebuah website. Dengan gambar, website yang kita kelola akan lebih menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Tanpa gambar, website kita mungkin akan terasa hampa karena tidak ada pernah pernik yang menghiasi halaman website.

Meskipun begitu, jangan pernah menambahkan gambar yang berlebihan pada sebuat website karena gambar yang berlebihan malah akan membuat website terlihat tidak professional. Selain itu, banyak gambar akan membuat loading website yang kita kelola menjadi lebih lama dan membutuhkan bandwidth yang besar hanya untuk membuka satu halaman website.

Untuk itu, jika ingin tetap menambahkan gambar yang banyak namun menginginkan agar loading website tetap cepat, anda harus melakukan optimasi pada gambar. Berikut ini cara mudah optimasi gambar menggunakan aplikasi Adobe Photoshop:

  • Kita contohkan anda ingin upload gambar (File berukuran sekitar 950kb).
  • Download file tersebut ke local disk dari komputer/notebook.
  • Buka file tersbut menggunakan Photoshop.
  • Perkecil resolusi sesuai dengan lebar dari tempat/space gambar pada website anda. Sebagai contoh, untuk blog ini harus memakai gambar dengan ukuran lebar maksimal 600 pixel, maka saya harus mengecilkannya dengan ukuran segitu. Jika website yang dikelola melebihi dari 600pixel, Caranya, klik menu Image dan pilih Image Size. Selanjutnya, masukkan angka 600 pada bagian width dan jangan lupa bagian Constrain Proportions jangan dihilangkan.
  • Ukuran-GambarSelanjutnya, simpan dan optimalkan gambar dengan cara; Klik menu File kemudian dengan klik Save for Web. Atau, ana juga menggunakan tombol cepat yaitu Ctrl+Alt+Shift+S.
  • Save-for-WebPada bagian tipe file, saya biasa menggunakan JPEG dan PNG. Untuk JPEG menggunakan resolusi medium dengan Quality 60, sedangkan untuk PNG menggunakan PNG 24.
  • Untuk memilih mana yang paling kecil, apakah PNG atau JPEG? Anda harus melihatnya sendiri dan pilihalh yang paling kecil.
  • Image-SaveTerkahir, segera simpan file yang sudah anda edit lagi.

Sekarang coba bandingkan antara file asli dengan file hasil editan. Di file asli ukurannya 975kb sedangakan yang baru berukuran 590 pixel. Setelah proses edit gambar selesai, anda bisa uplod gambar tersebut ke wordpress.

Dengain sedikit tips ini membuatĀ loading time dari website anda bisa lebih cepat dan pengunjung lebih nyaman untuk berkunjung kembali.

  • ngantuk gif
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply