Top Menu

Cara Backup Database MySQL Secara Otomatis di cPanel

Database merupakan salah satu komponen terpenting dalam website dimana hampir seluruh kontennya akan disimpan didalamnya. Jelas berbahaya kalau kita sampai memiliki cadangan data terbarunya. Walau di cPanel kita bisa melakukan backup database MySQL tapi ini adalah cara manual, sehingga bisa jadi saat terjadi musibah kehilangan atau korupnya data website kita tidak memiliki backup database versi terbarunya. Karena itulah proses otomatisasi pembuatan backup database MySQL secara terjadwal akan memudahkan pekerjaan kita.

Bagaimana cara membuat backup database MySQL yang terjadwal di cPanel? Silahkan akses cPanel dari web hosting yang anda gunakan, kemudian geser kebawah sampai anda menemukan bagian Advanced. Klik pada Cron Jobs.

backup1Geser halamannya agak ke tengah dan pada bagian Add a New Cron Job pilih salah satu opsi di Common Settings menjadi Once Per Day untuk melakukan proses otomatis sehari sekali.

backup2

Selanjutnya pada kotak command isikan perintah seperti berikut:

/usr/bin/mysqldump -ucpanel -pcpanel dbname > /home/usercpanel/public_html/$date.sql

Nanti akan dibuat file berekstensi .sql dengan nama tanggal terjadinya proses backup.

Harap anda perhatikan bahwa antara parameter -u dan -p dengan username juga password akun cPanel anda memang tidak ada spasinya. Ubah juga nama direktori dengan nama akun cPanel anda.

Saya juga menganjurkan anda untuk membuat direktori baru untuk menyimpan file hasil backup ini karena kalau dibiarkan didalam public_html atau www akan tidak rapi jadinya karena prosesnya akan dijalankan setiap hari, dalam 1 bulan bisa ada 30 file hasilnya.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, ,

No comments yet.

Leave a Reply