Top Menu

Mencegah Spam Dengan SpamAssassin cPanel

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.

Sebab karna hal tersebut dibutuhkan cara untuk menanggualngi nya  salah satu nya  dengan Spam Assassin adalah penyaring/ filter email untuk mengidentifikasi spam. Penyaring email yang pintar dengan menggunakan berbagai macam batasan pengecekan untuk mengidentifikasi bulk email yang tidak diharapkan yang biasa disebut sebagai spam email. Fitur spam assassin tersedia di control panel account hosting (CPanel).

Pengertian Spam sendiri adalah pesan yang di kirim Spammer ke banyak tujuan (Cc: Bcc: dalam rincian email spam) dengan isi yang sama dan di kirim kepada orang yang tidak ingin menerimanya. Pada umunya Penerima spam tidak tahu “tidak mengenal” siapakah pengirim email atau si spammer tersebut dan tidak merasa menginginkan berita ataupun tidak merasa meminta informasi yang ada dalam email tersebut.
Fitur Utama SpamAssassin:

  1.  Pengecekan Header Email
  2.  Pengecekan isi email
  3.  Pengelompokan Email address secara otomatis/manual menjadi whitelist ataupun blacklist
  4.  DNS blocklist

berikut langkah menggunakan Spam Assassin pada cpanel

1.Login ke kontrol panel web hosting cPanel, Pilih SpamAssassin

tahap12.Klik Tombol Enable SpamAssasin

tahap23.Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Abaikan halaman ini, lalu klik link Go Back Langkah selanjutnya di bagian filter ada dua bagian, yaitu Auto Delete atau Disable Auto Delete

tahap3

Untuk penentuan spam score, defaultnya adalah 5, jika score di set lebih kecil, maka spam assassin akan lebih agresif, memperkecil setting score bermanfaat jika masih banyak spam yang masuk walaupun kondisi spam assassin sudah di enable. Tapi efek sampingnya, kemungkinan email non spam dinyatakan sebagai spam akan lebih besar. Men set spam score lebih besar, artinya sepam assassin akan lebih toleran, bermanfaat jika terjadi kasus ada banyak email non spam yang salah duga oleh spam assassin dan dinyatakan sebagai spam.

Untuk fitur auto delete spam sebaiknya di enable jika anda yakin dengan settingan scorenya cukup aman untuk anda. Keuntungannya, anda akan tidak melihat sama sekali email yang sudah dinyatakan spam oleh spam assassin, namun dampak efek sampingnya, jika ada email non spam yang dinyatakan spam oleh spam assassin, maka email tersebut juga tidak akan anda terima

Blacklist / Whitelist alamat e-mail tertentu

  • Pada menu SpamAssassin di cpanel, klik tombol “Configure SpamAssassin” untuk masuk ke menu blacklist/whitelist e-mail.
  • Masukkan email yang ingin anda blok/blacklist manual pada blacklist_from , dan masukkan email yang ingin anda allow/whitelist manual pada whitelist_from .
  • atau bisa juga per domain ([email protected]) atau untuk semua akun ([email protected]).

tahap4

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply