Top Menu

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Bagaimana cara mengetahui iPhone Asli atau Tiruan? Saat akan membeli sebuah iPhone misal iPhone 5S tentu saja kita harus selalu hati-hati. Karena apa? Tentu karena kini banyak beredar iPhone palsu, alias iPhone replika atau iPhone tiruan. Bentuk sama persis seperti iPhone, tampilan menu sama persis, sampai dus (box) dan kelengkapan lain seperti charger sama seperti yang dimiliki oleh iPhone original atau asli. Lalu bagaimana agar kita tidak tertipu oleh iPhone palsu atau replika? Berikut adalah tips sederhana dan singkat cara cepat membedakan antara iPhone asli atau palsu.
iPhone resmi tentu saja terdaftar di website Apple. So cara tercepat adalah dengan mengecek serial number dari iPhone yang akan kita beli di website Apple. Masuk ke halaman  https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do  lalu masukan serial number dari iPhone tersebut ke kolom yang tersedia, seperti di bawah ini:
iPhone1

Setelah Anda memasukan serial number dengan benar, maka akan muncul layar yang menjelaskan tentang iPhone Anda.
iPhone2Terlihat diatas bahwa iPhone 4S memang resmi dan terdaftar di database Apple. Karena iPhone 4S tersebut telah lama dibeli, jadi garansi kerusakan dari Apple memang sudah expired atau berakhir. Pertanyaan sekarang, bagaimana cara mengetahui Serial Number dari iPhone? Caranya bisa langsung di lihat di Box/ Dus iPhone, disana akan tertera Serial Number iPhone.Tapi masalahnya, serial number di dus iPhone, bisa juga dipalsukan. Jangan khawatir, Anda bisa mengecek Serial Number lewat menu Setting – General – About. Disana akan tertera serial number dari iPhone yang kita miliki.

iPhone3Pastikan serial number yang tertera di menu About ini SAMA dengan serial Number yang tertera di Box/Dus iPhone.Cara lain membedakan iPhone tersebut adalah Asli atau replika adalah dengan cara melakukan sinkronisasi antara iPhone dengan iTunes di laptop. Bila iPhone Anda terdetek oleh iTunes dan Anda bisa Login ke Apple App Store menggunakan Apple ID, maka sudah bisa dipastikan iPhone tersebut original alias Asli. Tapi bila sebaliknya, iPhone tidak terdetect oleh iTunes dan Anda juga tidak bisa login ke App Store, 100% iPhone Anda adalah Palsu atau Replika.

iPhone asli menggunakan sistem operasi Apple iOS, nah iPhone replika kebanyakan yang beredar menggunakan sistem operasi Android atau OS lain. Makanya, jika Anda memiliki iPhone, tetapi pas mau download aplikasi harus dari Google Play Store, maka iPhone Anda pasti palsu atau replika. Soalnya, untuk download aplikasi/ game di iPhone original hanya bisa lewat Apple App Store.

Dari sisi kinerja atau performace, iPhone asli memiliki kinerja yang cepat, nyaman, layar sangat responsif dan tentunya jarang sekali mengalami lag atau bahkan ngehang! Berbeda dengan iPhone palsu, akses dari menu ke menu terkadang sangat lambat, layar tidak responsif dan ketika bermain game dan menjalankan aplikasi, tiba-tiba iPhone palsunya menjadi lemot dan bahkan ngehang.

Kini, Andapun bisa mengenal dan mengecek lebih jauh tentang iPhone asli atau replikai (palsu), lalu bagaimana cara aman membeli sebuah iPhone? Anda bisa baca artikel dari belladyna berikut ini.

  • perbedaan kotak iphone 5 dan 5s
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply