Top Menu

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows

JowoBot.com – Bisa jadi hampir semua pengguna Windows pernah merasakan yang namanya Blue Screen. Permasalahan yang kerap terjadi ini sudah menjadi makanan umum setiap pengguna komputer.

Apa Sih Penyebab Blue Screen pada Windows?
Tidak ada jawaban pasti, penyebab Blue Screen bisa dihasilkan dari banyak kemungkinan, mulai dari masalah software hingga hardware. Blue Screen akan terjadi ketika proses Windows tidak mencapai tujuannya, sehingga harus dihentikan secara paksa karena perintahnya tidak terlaksanakan.

Dan satu-satunya cara yang bisa dilakukan Windows pada saat itu adalah Restart.

[image]

Dan perlu kamu ketahui, ketika Windows menampilkan Blue Screen, maka dengan otomatis Windows akan membuat Minidump (sebuah file log yang berisi informasi tentang masalah tersebut), dan akan tersimpan di Hard Disk kamu.

Lalu bagaimana jika komputer tiba-tiba restart ketika BlueScreen?

Menurut saya, Blue Screen bisa terjadi karena kerusakan atau ketidakcocokan Hardware dengan sistem, dan bisa juga karena Software, perbandingannya 70:30.

Cara paling mudah jika komputer suka restart ketika blue screen adalah dengan,

  1. Klik Kanan di My Computer (Computer) > Pilih Propertiescomputer-properties
  2. Kemudian, lihat bagian kanan atas, klik menu “Advanced system settings“.advanced-system-setting
  3. Akan muncul sebuah Window, lihat pada bagian Startup and Recovery, klik Settings.recovery-advance
  4. Kemudian, Hilangkan Centang untuk “Automatically Restart”. Jika sudah, klik tombol OK.uncheck-startup

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows?

Mudah saja, seperti kita ketahui, setiap masalah pasti ada sebabnya, nah, sebab itulah yang harus kita ketahui lebih dulu sebelum menyelesaikan masalahnya.

Cara yang paling mudah adalah menggunakan Windows Action Center, Caranya:

  1. Buka Control Panel
  2. Klik System and Security, Lalu pilih Action Center
  3. Kemudian, klik Tab “Maintenance
  4. Disitu ada pilihan menu “Check for solutions” – Klik itu.
  5. Biarkan Windows mencari masalahnya.

Jika cara diatas masih belum ampuh juga, Mungkin cara dibawah ini bisa jadi pertimbangan.

Install Driver Terbaru
Ketidakcocokan driver lama dengan sistem bisa menjadi faktor terjadinya Blue screen, Oleh karena itu, menggunakan driver yang up to date bisa menjadi cara ampuh menghindari blue screen.

Update Windows
Satu jenis dengan update driver, melakukan update Windows juga merupakan hal wajib, karena dengan begini sistem yang sebelumnya rusak atau korup bisa segera diperbaiki dan ditambal masalahnya.

Lakukan Scan Terhadap Malware / Virus
Jika update driver dan windows masih juga belum menunjukan hasil, bisa jadi ada malware atau virus yang bersarang di komputer kamu, coba lakukan scan dengan antivirus yang up to date juga.

Install Ulang Windows
Jika sudah melakukan semua cara diatas dan masih belum ada perubahan, saran berikutnya adalah Install Ulang Windows, karena hanya dengan cara ini kamu bisa mengembalikan sistem-sistem Windows yang hilang atau rusak.

Periksa Komponen Hardware
Setelah semua cara sudah dilakukan dan Windows masih menunjukan gejala-gejala tidak normal, bisa jadi ada salah satu komponen yang rusak, biasanya yang paling sering adalah Hardisk, RAM dan Motherboard, silahkan periksa.

 

Cara Melihat Penyebab Blue Screen.

Untuk lebih jelas tentang permasalahan apa yang kamu hadapi ketika Blue Screen, kamu bisa menggunakan tool yang bernama BlueScreenView. Dengan tool ini, kamu bisa mendiagnosa dan menganalisa kenapa komputer kamu bisa mengalami Blue Screen.

bluescreenview-screenshot

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLine

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply