Top Menu

9 Destinasi Wisata Seru di Dekat Calon Bandara New Yogjakarta International

Rencana dibuatnya bandara baru di Kulonprogo memberi angin segar bagi masyarakat disana. Keberadaan bandara baru tentu mempermudah para wisatawan untuk datang berkunjung. Alhasil jumlah wisatawan akan meningkat secara signifikan. Dengan demikian, pendapatan masyarakat juga akan bertambah seiring dengan banyaknya pendatang.

Meski masih dalam tahap pembangunan, namun tidak ada salahnya jika anda mencari lokasi wisata seru yang berlokasi di dekat Bandara.

kalibiru jogja

kalibiru jogja

Wisata Seru Dekat Bandara

Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Jogja dekat calon Bandara baru yang bisa anda jadikan sebagai referensi kunjungan.

1. Kalibiru

Wisata alam Kalibiru merupakan salah satu wisata yang populer di Kulonprogo. Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo Jogjakarta. Wisata ini dapat diakses satu setengah jam saja dari Malioboro.

Paket tour jogja ke wisata Kalibiru dibuka pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang pada hari biasa sementara untuk weekend harga tiket masuk menjadi Rp 10.000.

Berada di Kalibiru, anda akan disuguhi pemandangan alam yang cantik mulai dari danau atau waduk serta perbukitan. Selain itu anda juga akan menemukan beberapa spot cantik untuk berfoto. Pada spot-spot tertentu, anda akan dikenai tarif tambahan untuk mengabadikan gambar.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Jogjakarta. Akses menuju lokasi masih berupa jalanan yang cukup terjal dengan batu-batu kerikil menghiasi jalan. Tempat wisata Kulonprogo yang satu ini dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya anda cukup membayar tarif sebesar Rp 6.000.

Berada di Air Terjun Grojogan Sewu membuat anda merasakan suasana segar yang masih alami dibalut dengan kicauan burung selama perjalanan. Pada bagian atas Grojogan sewu, anda bisa menemukan taman kecil dengan beragam tumbuhan serta bunga yang tertata rapi. Lokasi ini juga dilengkapi dengan gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat sekaligus melepas penat setelah perjalanan.

3. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan sebuah Goa yang populer di Kulonprogo. Gua ini terkenal lantaran mitos unik yang menyertainya. Adapun mitos yang berkembang adalah sosok raksasa bernama Mahesasura dan Lembusura yang dulu tinggal di dalam Goa.

Goa kapur Kiskendo terlihat cantik dan alami dengan balutan stalakmit dan talakmit unik yang menyertainya. Goa kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, Girimulya, Kulonprogo, Jogja. Kurang lebih 21 km jika diakses dari kota Wates dan 38 km dari kota Jogja.

4. Gua Kidang Kencana

Wisata di dekat bandara baru yang selanjutnya adalah Gua Kidang Kencana. Wisata alam ini terletak di desa Sabrangkidul, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Akses menuju lokasi memang membutuhkan perjuangan mengingat petunjuk jalan yang masih minim serta lokasinya yang agak terpencil.

Goa Kidang Kencana cocok bagi anda yang gemar melakukan petualangan seru dan menantang. Goa ini memiliki lorong yang cukup panjang yakni 350 meter dengan mulut goa selebar 2 meter. Untuk memasuki area goa, anda diharuskan menggunakan senter. Harga tiket masuk Goa Kidang Kencana cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 25.000 saja. Harga tersebut sudah termasuk biaya penyewaan helm, rompi, senter serta sepatu karet.

5. Waduk Sermo

Waduk Sermo menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi selagi liburan. Waduk ini terletak di Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabubapen Kulonprogo, Jogjakarta. Waduk ini dinilai sebagai bendungan terbaik yang ada di Indonesia. Hal ini tentu tidak luput dari peran hutan yang mengelilingi waduk. Selain cocok bagi anda yang gemar berfoto, Waduk ini juga dapat digunakan sebagai tempat perkemahan untuk Pramuka.

Sebelum menikmati keindahan Waduk Sermo, pengunjung akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 2.000 per orang, parkir motor Rp 2.000, parkir mobil sebesar Rp 3.000 serta untuk bus parkirnya Rp 5.000. Waduk Sermo dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

6. Puncak Suroloyo

Bagi anda yang tengah kebingungan untuk mengisi hari libur, maka puncak Suroloyo dapat dijadikan sebagai pilihan. Wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang begitu mempesona sehingga sulit bagi pengunjung untuk tidak mengabadikannya lewat foto.

Ada yang mengatakan jika Puncak Suroloyo merupakan pertemuan dari 4 gunung yaitu gunung Merapi, gunung Sindoro, Gunung Sumbing serta Gunung Merbabu.

Untuk bisa masuk ke arena wisata, anda akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 20.000. sementara untuk bisa pasang tenda disana, anda bisa menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu agar bisa didata.

7. Air Terjun Sidoharjo

Air terjun eksotis ini terletak di Desa Sidoharjo, Kulonprogo, Jogjakarta. Air terjun ini mengalir dari sebuah tebing yang tinggi hingga membentuk genangan kolam bening di bawahnya. Meski tidak selalu ada namun anda bisa melihat kera ekor panjang yang sedang mencari makan dengan cara bergelantungan di tebing air terjun. Hal ini tentu menambah kesan alami dari lokasi wisata yang dikunjungi.

Air terjun Sidoharjo terletak 5 km dari Pasar Dekso. Jika ingin berkendara sendiri sebaiknya menggunakan kendaraan yang kuat untuk naik tanjakan di medan pegunungan. Selain itu anda juga harus berhati-hati karena banyaknya tikungan disana. Tiket masuknya sendiri gratis, namun anda harus membayar biaya parkir jika membawa alat transportasi ke sana.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Berada di sini anda akan disuguhi pemandangan seru berupa air terjun dengan 2 warna yang berbeda yaitu putih jernih serta hijau tosca.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, anda akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 6.000 per orang serta parkir motor sebesar Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

Air Terjun Kedung Pedut dibuka setiap hari dan dapat dijangkau hanya sekitar 24 km dari pusat kota Jogjakarta. Untuk mencapai area wisata ada beberapa pilihan yang dapat ditempuh diantaranya Kalibawang, Wates serta Nanggulan.

9. Desa Wisata Nglinggo

Desa wisata Nglinggo terletak di Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Jogjakarta. Adapun wisata utama yang ditawarkan dari desa ini adalah wisata kebun tehnya. Disini anda bisa menikmati uniknya teh sangit yang juga menjadi minuman khas dari desa wisata Nglinggo. Desa ini juga memiliki atraksi budaya yang tidak kalah seru yaitu Tari Lengger Tapeng. Tarian ini dulunya digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata, anda cukup merogoh kocek sekitar Rp 5.000 saja sebagai tiket masuknya. Lokasi ini dibuka setiap hari sehingga tidak perlu menunggu liburan untuk datang berkunjung.

Beragam wisata di atas dapat anda jadikan sebagai tujuan perjalanan paket wisata Jogja akan dikunjungi di kala musim libur tiba. Kulonprogo sendiri memiliki sederet wisata yang seru dengan panorama alam yang indah. Tidak heran jika kemudian banyak wisatawan tergoda untuk kembali berwisata disana.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.