Top Menu

Hutan Mangrove Kulon Progo

Pesona Indah Hutan Mangrove Kulon Progo

Tidak kalah dengan wisata di Kalibiru, Hutan Mangrove Kulon Progo juga memiliki keindahan alam yang memukau dan seru. Terlebih bagi anda yang juga pengemar wisata air, maka Hutan Mangrove Kulon Progo bisa dijadikan sebagai destinasi liburan yang tepat.

Tempat wisata di yogyakarta yang satu ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Berkunjung ke lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor.

Wisata air di Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo memiliki kecantikan alam berupa hutan bakaunya, sehingga cocok untuk liburan dengan paket wisata jogja dengan destinasi alamnya yang indah. Begitu masuk ke lokasi wisata, pengunjung akan disambut dengan jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut merupakan jalan utama untuk memasuki kawasan wisata.

Saat berada di jembatan, pengunjung bisa menyaksikan hewan air yang tengah berenang seperti ikan Glodog, sumpil bahkan ada pula kepiting. Meski menarik dijadikan sebagai lokasi memancing, namun pengunjung dilarang melakukan aktivitas tersebut disana.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Tidak hanya sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam yang ada, pengunjung juga diajak menikmati alam melalui perahu yang bisa disewa.

Hutan Mangrove Kulon Progo juga memiliki goa dengan pemandangan yang masih asri dan alami. Sayangnya, area tersebut sangatlah lembab sehingga ada banyak nyamuk yang cukup mengganggu pengunjung yang datang.

Salah satu spot yang paling banyak digemari di Hutan Mangrove Kulon Progo adalah jembatan Api-Api. Nama Api-Api sendiri berasal dari jenis mangrove yang tumbuh di kawasan tersebut yaitu Avicennia Germinans atau yang dikenal sebagai mangrove jenis api-api.

Fasilitas yang bisa di temukan di lokasi sudah cukup lengkap. Pengunjung bisa menemukan toilet, mushola, area parkir yang luas, tempat sampah hingga sederet warung yang siap menyambut pengunjung jika merasa lapar.

Untuk sampai di lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo dari Jogja, pengunjung bisa melewati jalan raya Wates Purworejo hingga menemukan petunjuk jalan ke arah Pantai congot. Sesampainya di Jalan Daendels, anda bisa berjalan terus ke arah barat hingga melewati jembatan di sungai Bogowonto.

Selanjutnya masuk ke arah selatan dan ikuti petunjuk menuju lokasi yang ada. Perjalanan dari kota Jogja sendiri memakan waktu kurang lebih 2 jam saja.

Tips bagi anda yang ingin berkunjung di Hutan Mangrove Kulon Progo adalah datang pagi-pagi sebelum matahari belum terlalu terik. Jikapun anda datang di siang hari, sebaiknya menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Jangan lupa untuk mengisi baterai ponsel penuh, mengingat akan ada banyak spot keren yang bisa anda dapatkan disana.

Waktu Buka dan Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

Sebelum memasuki lokasi wisata, pengunjung tentu diharuskan untuk membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Adapun harga tiket masuk Hutan Mangrove Kulon Progo sendiri cukup murah yaitu Rp 5.000 saja.

Dari tempat pembayaran tiket, pengunjung bisa memilih spot mana yang akan dikunjungi mulai dari Jembatan Api-Api, Maju Lestari dan Wanatrirta Pasir Mendit. Setiap spot yang dipilih memiliki tarifnya sendiri-sendiri.

Salah satu spot yang banyak digemari adalah jembatan Api-Api. Untuk memasuki spot ini, pengunjung akan dikenai tarif parkir sebesar Rp. 5.000 tiap mobil serta Rp. 4.000 per orang. Adapun wisata Hutan Mangrove Kulon Progo, dibuka pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Yogjo membantu anda dalam mendapatkan acara berwisata yang mengesankan dan pastinya berkualitas. Ada banyak paket pilihan wisata yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Tidak hanya ramah dalam pelayanan, namun banyak pula promo menarik yang bisa didapatkan. Selamat berwisata!

No comments yet.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.